Hampir semua orang pernah memainkan game ini, entah itu anak-anak, orang dewasa, bahkan orang-orang yang sudah memasuki usia senja sekalipun. Sekedar informasi, game ini sudah di download sekitar 200 Miliar kali dan sekitar 200 Juta orang terus memainkannya tiap bulan. Bagi para Game Engineer, tidak jarang menjumpai client nya mengatakan "Bisakah Anda membantu kami mengembangkan game yang memiliki desain User Interface sebaik Angry Birds?". Hal ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa User Interface game ini sudah dinyatakan sebagai standar secara de facto. Sedahsyat itukah pengaruh game burung meluncur ini? Apa sebenarnya yang membuat kita terpanah oleh game ini?
Sean Baron (Microsoft Studios) dalam The Psychology of Great Game Design mengatakan bahwa ada 4 elemen penting yang dibutuhkan dalam sebuah game yang baik
- Tujuan game yang kongkrit dan aturan yang dapat diatur
- Tujuannya sesuai dengan kemampuan pemain
- Sebuah aksi yang bersih dan juga tepat waktu
- Tidak adanya gangguan sistem
Michael Chorost, Ph.D mengatakan bahwa Angry Birds merupakan candu yang mengerikan. Saking menyadari hal itu, Ia segera menghapus game tersebut dari iPhone nya. Ia menjelaskan bahwa Angry Birds memicu respon neurophysiological. Ia melanjutkan bahwa game ini merupakan pemanipulasi sistem dopamin otak yang dahsyat.
Dopamin aktif ketika kita melakukan sesuatu kemudian diikuti oleh sebuah penghargaan/hadiah. Hubungannya dengan Angry Birds yaitu ketika kita menembakkan burung-burung itu, maka suara burung itu berteriak, babi-babi yang meletup, dan susunan bangunan yang runtuh itulah hal-hal yang menstimulasi pemain untuk terus memainkannya.
Unik, simpel, mengasyikan, dan masih dilengkapi hal-hal lainnya yang membalut game ini, seperti:
- Penggunaan karakter binatang agar dapat lebih dipahami anak-anak
- Munculnya bintang bersamaan dengan score agar lebih mudah dimengerti oleh balita
- Suara burung yang lucu memberikan kesan menggemaskan
- Letak sasaran dikanan dan menembak dikiri, menyesuaikan kebiasaan orang-orang menulis dari kanan
- Diikuti dengan jalan cerita untuk memberikan rasa penasaran pada pemain