Mengenal Makna dan Perkembangan Logo

Jumat, 22 Januari 2016

Pernahkan kalian melihat logo? mungkin disepanjang perjalanan kalian ke tempat kalian beraktifitas? Pernahkah kalian berfikir apa sebenarnya fungsi dari logo tersebut? Sadar ataupun tidak, logo memudahkan kita untuk mengidentifikasikan suatu tempat, produk, organisasi, dan lain-lain.

Menurut wikipedia
"Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya."

Lantas apa yang membuat setiap logo memiliki warna yang berbeda-beda? Disini akan saya jelaskan pemahaman saya mengenai makna logo melalui 2 buah logo yang sudah cukup populer yaitu Starbucks dan IBM.


             

1. Makna dan Perkembangan Logo Starbucks

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks menggunakan logo bergambar Siren yang mengenakan tiara dikepalanya. Lantas apa hubungannya sebuah perusahaan kopi dengan mahluk mitologi Siren?

Siren menurut mitologi Yunani merupakan mahluk berwujud wanita yang setengah badannya (mulai dari pinggang hingga kaki) berbentuk ekor ikan bercabang dua. Siren ini merupakan mahluk yang suka menggoda para pelaut. Hal ini dimaksudkan bahwa kopi Starbucks dapat menarik perhatian konsumen. Adapun nama Starbucks itu sendiri dipilih berdasarkan cerita Kapten Ahab dimana Starbuck merupakan sahabat sekaligus kru Kapten Ahab yang berpetualang dilautan lepas. Dengan demikian logo berbentuk Siren inipun dipilih karena memiliki kecocokan dengan nama perusahaan tersebut. Sedangkan warna hijau yang menjadi background dari tulisan Starbucks itu sendiri dipilih karena hijau memancarkan serta menggambarkan kedamaian, tumbuh, dan juga kesehatan.

Sebelum berbentuk seperti saat ini, logo Starbuck sudah mengalami berbagai macam perubahan. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan tuntutan zaman serta adanya permasalahan yang timbul karena logo itu sendiri.
Permasalahan? iya, logo diatas merupakan logo pertama Starbucks yang didesain oleh Terry Heckled pada 1971. Seiring berjalanannya waktu logo tersebut mengundang kecaman karena menggambarkan payudara wanita serta pose Siren tersebut yang seperti mengangkang dan membuka selangkangannya. Akhirnya logo tersebut diganti pada tahun 1987.

Logo diatas merupakan logo yang dipakai sebagai pengganti logo sebelumnya. Dapat dilihat bahwa unsur-unsur yang bernuansa seksual sudah dihilangkan dan bahkan diganti oleh senyuman ramah sang Siren.



Walaupun tidak menerima kecaman seperti Logo sebelumnya, Starbucks kembali mengganti logonya pada tahun 2011 karena tuntutan zaman. Starbucks tahu bahwa kebanyakan orang sudah beralih dari desain yang kompleks menjadi desain yang lebih simpel.

2. Makna dan Perkembangan Logo IBM

International Business Machines Corporation (disingkat IBM) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 16 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. IBM menggunakan singkatan dari namanya yang diberi warna biru dan juga diputus-putus dengan beberapa garis sebagai logonya. Apakah makna dari logo tersebut?

Pemilihan warna biru berdasarkan Color-Emotion Guide dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa produk IBM dapat dipercaya dan juga tangguh. Garis - garis putih yang memotong tulisan tersebut memiliki arti kesetaraan dimana garis-garis tersebut membuat tulisan IBM terlihat tersusun dari simbol "=".

Seiring perkembangan zaman, logo IBM juga sering mengalami perubahan karena berbagai macam faktor seperti desain yang mulai ketinggalan zaman, hingga perubahan nama perusahaan.


Dari tahun 1880, IBM (pada saat itu International Time Recording Company) terus berganti logo dan juga nama dikarenakan ketersediaan penemuan saat itu yang harus dicirikan berdasarkan produk yang mereka buat. Namun sejak 1924, nama International Business Machine mulai dicanangkan karena produk-produk yang mereka buat sudah mulai berfariasi dan dirasa mampu memasuki pasar international.

Seiring berjalannya waktu, IBM mulai mengganti logonya pada 1947 dengan nama singkatannya agar mempermudah penyebutan serta dirasa lebih praktis. Untuk tahun berikutnya pada 1956 IBM merubah kembali logonya, namun hanya pada jenis font yang mereka gunakan sebagai logo. Font baru yang digunakan membuat logo tersebut lebih kokoh dan kuat. Kemudian pada 1972 logo tersebut dirubah kembali dengan memberi warna biru untuk fontnya dan juga garis-garis yang memotong IBM sehingga memberikan makna kesetaraan pada logo tersebut.

Copyright @ 2013 BELAJAR ANEH. Designed by Templateism | MyBloggerLab